Pakar Siber Beberkan Bahaya Aplikasi WhatsApp Mod, Waspada!

Google Playstore dilaporkan diserang oleh Trojan horse dan aplikasi yang terinfeksi malware, mencuri informasi sensitif dan uang. Peneliti keamanan siber Dr. Web baru-baru ini menganalisis keadaan toko aplikasi seluler.

Menurut Dr Web, salah satu ancaman paling serius tahun ini adalah berbagai mod WhatsApp, TechRadar melaporkan Kamis (17 Maret 2022). Mod WhatsApp termasuk GBWhatsApp, OBWhatsApp, atau WhatsApp Plus. Mereka mengklaim memberikan dukungan untuk bahasa lain, widget layar beranda, pemblokiran panggilan, atau fitur lain yang tidak tersedia di aplikasi nyata.

Setelah diinstal, beberapa aplikasi ini akan mengunduh format file berbahaya lainnya dan mengklaim telah mengunduh pembaruan. Untuk melindungi perangkat Android Anda dari berbagai ancaman, pengguna harus menghindari mengunduh aplikasi dari sumber pihak ketiga.

Pastikan untuk membaca ulasan dan ulasan sebelum mengunduh aplikasi, perhatikan izin untuk setiap aplikasi baru, waspadai pengurasan baterai yang tidak terduga, dan pantau semua pembelian online oleh berbagai aplikasi seluler.

Dr. saat menganalisis toko aplikasi Google. Web telah menemukan bahwa beberapa aplikasi mengandung kuda Trojan, baik secara langsung dalam kode atau melalui pembaruan. Dalam kebanyakan kasus, aplikasi yang terinfeksi adalah dompet cryptocurrency dan aplikasi manajemen, tiruan dari aplikasi investasi, atau editor foto.

Google telah menghapus sebagian besar aplikasi dari toko, tetapi beberapa tetap ada. Misalnya, aplikasi Advice Photo Power telah diunduh lebih dari 600.000 kali, tetapi dilihat dari ulasannya, pengguna tampaknya tidak senang dengan aplikasi tersebut.

Menembus pertahanan Google

Jika Anda belum mencuri data sensitif, aplikasi akan memuat situs web layanan afiliasi atau menipu orang untuk mengaktifkan langganan berbayar. Namun, mengimpor aplikasi berbahaya ke Google Playstore bisa menjadi tugas yang menakutkan. Oleh karena itu, pelaku ancaman menggunakan komunitas online seperti web, forum, dan saluran media sosial untuk mendistribusikan aplikasi mereka.

Sumber: