Siri bisa merekam Anda tanpa izin di iPhone

Siri sekali lagi menjadi pusat kontroversi dalam beberapa jam terakhir setelah informasi yang diberikan oleh Apple dan melaluinya kami mengetahui kesalahan yang dapat menyebabkan interaksi kami dengannya direkam. Secara apriori, sepertinya bukan sesuatu yang serius yang menempatkan privasi pengguna dalam risiko nyata, tetapi setidaknya luar biasa mengetahui penekanan yang dibuat Apple untuk melindungi mereka dan membiarkan mereka menjadi orang yang memutuskan setiap saat.

Bug yang ada di iOS 15

Di penghujung tahun 2019, kontroversi terkait asisten Apple pertama kali muncul, sejak diketahui perusahaan tersebut membuat rekaman interaksi dengan Siri. Untuk alasan ini, perusahaan Cupertino berkewajiban untuk menawarkan kepada pengguna kemungkinan untuk menolak rekaman ini, selalu menjelaskan bahwa bahkan jika mereka diterima, rekaman itu akan sepenuhnya anonim dan diperlakukan hanya untuk peningkatan sistem, juga mencegah pihak ketiga dari mengakses mereka.

Namun, seperti yang diketahui, dengan hadirnya iOS 15 di bulan September, beberapa iPhone mengalami bug yang mengizinkan Siri untuk mengambil rekaman itu bahkan ketika pengguna menolak untuk melakukannya. Hal ini dijelaskan oleh ZDNet, yang merupakan media yang mengumpulkan pernyataan Apple di mana mereka pertama kali secara terbuka menyatakan masalah ini.

kemungkinan peningkatan siri ios 15

Masalah sebagian diselesaikan di iOS 15.2, saat itu kemampuan untuk memilih apakah akan membagikan rekaman itu langsung dihapus atau tidak. Itu adalah cara untuk mengulur waktu bagi perusahaan California, menunggu untuk menemukan asal pasti masalah di iOS dan menyelesaikannya secara definitif. Sekarang kita sudah bisa mengetahuinya dengan iOS 15.4 itu akan sepenuhnya terpecahkanmeminta kembali izin sistem untuk membagikan atau tidak rekaman ini.

Pernyataan lengkap (diterjemahkan) dari Apple ke media tersebut adalah sebagai berikut:

“Dengan iOS 15.2, kami menonaktifkan pengaturan Enhance Siri and Dictation untuk banyak pengguna Siri saat memperbaiki bug yang diperkenalkan dengan iOS 15. Bug ini secara tidak sengaja mengaktifkan pengaturan untuk sebagian kecil perangkat. Sejak kami mengidentifikasi bug, kami telah berhenti meninjau dan menghapus audio yang diterima dari semua perangkat yang terpengaruh.”

Mengapa bug ini tidak diketahui sebelumnya?

Masalah Siri yang paling umum sudah diketahui, karena jelas bagi pengguna dan dialah yang biasanya melaporkannya. Namun, kasus ini melangkah lebih jauh, karena ini adalah kegagalan privasi yang sangat relevan jika kita memperhitungkan bahwa itu terkait dengan Apple itu sendiri.

Namun, dan tanpa ingin mengecilkan hal tersebut, kami juga ingin menyampaikan pesan ketenangan dari La Manzana Mordida. Pada akhirnya, rekaman ini masih anonim dan untungnya mereka tidak memiliki hubungan dengan pihak ketiga, juga tidak terkait dengan kemungkinan pelacakan untuk tujuan komersial atau yang serupa. Bagaimanapun, kami sepenuhnya memahami kemarahan yang dapat ditimbulkannya, karena pada akhirnya kami diberikan kekuatan keputusan yang, bahkan untuk sementara, bisa sia-sia.